Waspadai 7 Efek Samping Operasi Total Knee Replacement Ini

Lutut merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan penting yaitu untuk menopang tubuh. Oleh sebab itu banyak orang yang rela merogoh biaya operasi TKR yang banyak agar dapat menjalani kehidupan yang normal seperti semula. Ternyata ada beberapa efek samping pasca operasi TKR yang perlu diperhatikan. Apa saja sih? Yuk simak!

  1. Efek Pembiusan

Pada umumnya sebelum Anda melalukan prosedur operasi TKR, dokter akan berdiskusi dengan Anda mengenai jenis anastesi apa yang akan Anda pilih.  Biasanya jenis anastesi ini akan disesuaikan dengan riwayat penyakit yang pernah diderita oleh pasien. Obat anastesi ini memiliki beberapa efek samping sepeti mual,  muntah, dan pusing.

  1. Harus Memakai Infus

Biasanya sebelum makan lakukan tindakan operasi TKR Anda akan telebih dahulu. Infus ini juga akan tetap Anda gunakan pasca operasi. Penggunaan infus ini bertujuan untuk memberikan antibiotik sekaligus nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Pemberian antibiotik ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi.

  1. Menggunakan Kateter

Efek dari pembiusan anastesi ini akan berlanjut hingga pasca operasi. Dalam hal ini biasanya Anda akan mengalami ngangguan pada kandung kemih yang mengharukan Anda untuk menggunakan kateter. Kateter ini berfungsi untuk menjaga kandung kemoh agar tetap dalam keadaan kosong. Pada umumnya kateter akan dipasang selama satu hari pasca operasi.

  1. Tulang yang Terbelah

Proses operasi pada umumnya memang dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik. Namun bagi Anda yang menjalani operasi total knee replacement yang mengharuskan Anda untuk menggunakan lutut. Kesalahan selama operasi bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih dokter ahli dengan mempertimbangkan biaya operasi TKR.

  1. Deep Vein Thrombosis (DVT)

DVT merupakan kondisi terjadinya gumpalan darah pada salah satu daerah pembuluh dalam vena. Ini merupakan hal yang wajar terjadi selama melakukan prosedur operasi. Pada umumnya kasusu DTVsering terjadi selama operasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kerusakan pembulug darah hingga gangguan aliran darah selama operasi TKR.

  1. Pendarahan

Pendarahan merupakan efek samping yang kerap terjadi selama operasi. Pasalnya dokter akan mengganti bagian lutut Anda yang mengalami pengeroposan. Pendarahan selama masa operasi harus segera dicegah sebab dapat berakibat fatal. Oleh sebab itu, dokter dan tim medis akan sangat berhati-hati agar tidak terjadi pendarahan selama operasi berlangsung.

  1. Infeksi

Infeksi sangat sering terjadi ketika proses pembedahan atau operasi. Apapun jenis operasinya, infeksi biasanya terjadi karena virus. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian timmedis yang tidak memberishkan peralatan operasi dengan benar sehingga virus tersebut menyebar ke tubuh pasien.

Itulah beberapa efek samping yang mungkin terjadi pasca operasi total knee replacement. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya Andmemilihdokter yang ahli di bidangnya. Anda bisa mencari dokter spesialis yang ahli atasi masalah operasi TKR dengan mengunjungi website dokter.my.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.