Gunakan 3 Tips Ini untuk Mencegah Bayi Lambat Bicara

Semua orang tua tentunya memimpikan memiliki bayi yang tumbuh kembang dengan sempurna. Salah satunya adalah memiliki kemampuan berbicara yang fasih dan juga tepat waktunya. Namun sayangnya, ada beberapa anak yang mengalami kondisi lambat bicara. Supaya hal tersebut tidak terjadi pada bayi Anda maka gunakan 4 tips seperti berikut ini.

  1. Rajin Perdengarkan Lagu Anak-Anak

Tips pertama yang bisa dicoba oleh setiap orang tua adalah dengan rajin memperdengarkan lagu anak-anak. Lagu anak-anak yang dikenal dengan nada lebih ceria pastinya akan lebih mudah untuk disukai oleh bayi Anda. Selain itu, lagu-lagu tersebut pastinya memiliki lirik yang membuat bayi Anda terlatih dengan berbagai kosa kata yang baru.

Hanya saja pastikan bahwa lirik yang terdapat pada lagu anak-anak tersebut sederhana, ceria dan juga mudah dicerna. Kombinasi tersebut akan lebih memudahkan si kecil untuk menghapalnya dan juga mulai mempraktikkan lirik yang ada di dalam lagunya. Hal tersebut akan lebih mengembangkan motorik bahasa pada si kecil.

  1. Orang Tua Rajin Bercerita atau Mendongeng

Berikutnya adalah dengan rajin bercerita atau mendongeng kepada bayi Anda. Bahkan bisa dibilang, berdongeng atau bercerita kepada si kecil akan memberikan banyak sekali manfaat. Mulai dari perbendaharaan kosa kata yang semakin banyak hingga ikatan antara ibu dengan anak yang semakin kuat. Hal ini tentunya akan memberikan banyak dampak positif.

Selain itu dengan rajin bercerita dan juga mendongeng maka akan membuat daya pikir dan daya imajinasi si kecil menjadi lebih luas. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan si kecil ketika besar nantinya. Terutama dalam hal kemampuan berbahasa dan juga kemampuan dalam mengolah berbagai kata yang santun.

  1. Rajin Melakukan Komunikasi

Jangan lupa juga untuk selalu rajin melakukan komunikasi dengan si kecil untuk melatih kemampuan vokal mereka. Bisa dibilang, banyak anak yang lemah atau telat dalam berbicara karena kemampuan vokal mereka tidak kunjung dilatih oleh kedua orang tua mereka terutama oleh ibunya. Untuk itulah, penting sekali dalam rajin melakukan komunikasi dengan si kecil.

Biasanya jarangnya melakukan komunikasi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor kesibukan hingga membuat para orang tua lalai untuk terus melatih kemampuan vokal si kecil hingga bayi yang diserahkan pada pengasuh. Tidak bisa dipungkiri bahwa para pengasuh ini seringkali lalai dalam menjalin komunikasi dengan si kecil ketika menjaga mereka.

Untuk bisa melakukan hal tersebut tidak ada salahnya untuk membeli berbagai peralatan bayi yang mendukung hal tersebut. Tenang saja, di Orami Anda bisa menemukan berbagai perlengkapan bayi yang lengkap dan juga harga terjangkau. Apalagi dengan adanya lebaran sale yang bisa dimanfaatkan untuk bisa mendapatkan potongan harga terbaik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.