4 Kapel di Bukit Golgota yang Harus Anda Ketahui

Menurut Injil, Golgota adalah situs yang berada di luar tembok Yerusalem di mana Yesus disalib. Di sini Injil menerjemahkan istilah yang memiliki arti tempat tengkorak. Pada waktu itu Golgota terletak di luar kota Yerusalem, namun tidak begitu jauh dari tembok. Tempatnya berdekatan dengan gerbang yang dilalui oleh peziarah. Berikut ada 6 kapel di bukit Golgota.

  1. Kapel ST. Maria Magdalena

Pada sekitar makam suci terletak taman Yusuf Arimetea. Pada pagi hari Maria Magdalena berjalan sambil menangis karena melihat makam Tuhan telah kosong, di situlah kebangkitan Yesus. Saat itu Maria melihat seorang laki-laki yang dikiranya adalah penunggu taman. Maria mengira si bapak tersebut yang memindahkan Yesus. Lalu seketika Yesus menyatakan diri-Nya.

Setelah itu Maria memanggil dengan sebutan guru. Setelah ia memanggil dengan sukacita ia berlari dan bersujud di dekat kaki Yesus. Peristiwa inilah yang digambar oleh seorang pelukis yang berasal dari Kuba.

  1. Kapel Penampakan Yesus Terhadap Bunda Maria

Setelah melewati kapel St. Maria, peziarah dapat melewati 2 tangga untuk masuk ke kapel OFM yang mengenang penampakan Yesus terhadap bunda Maria. Injil tidak menceritakan tentang penampakan ini, namun sejak dahulu tradisi ini sudah diyakini oleh umat kristus. Pada kapal ini altar utama tersimpan Sakramen Mahakudus.

  1. Kapel St. Helena

Setelah melewati kapel sebelumnya, para peziarah akan turun ke kapal Salib suci atau St Helena. Kapal Helena ini berada di bukit golgota. Kapal ini dimiliki oleh gereja Armenia. Altar di bagian kiri diperuntukkan kepada St Dismas.

  1. Kapel Penemuan Salib

Kapal penemuan salib ini dicapai pada bagian kanan setelah menuruni tangga dari kapal St Helena. Di sebuah penampungan air yang tidak terpakai, awal abad ke 4 ditemukan salib dari zaman Yesus saat dihukum mati.

Nah itulah 4 kapel yang ada di Golgota. Saat Anda akan pergi ke bukit yang ada di Yerusalam,  Anda bisa menggunakan jasa tour WWW.INSIGHTTOUR.ID. Saat saya menggunakan jasa tersebut saya merasakan kenyamanan di perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *